MASA penantian panjang para guru bantu atas status kepegawaiannya segera berakhir.

Pemerintah tahun ini akan menuntaskan sisa pengangkatan guru bantu yang tinggal 13.908 orang. Mereka akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Direktur Profesi Pendidikan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Departemen Pendidikan Nasional Achmad Dasuki mengatakan, sesuai PP 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS, pengangkatan guru bantu harus dihabiskan tahun ini.

Sejak 2005, pemerintah rutin mengangkat guru bantu. Ketika itu, ada 261.741 guru bantu yang belum diangkat sebagai CPNS. Pada tahun tersebut, pemerintah langsung melakukan perekrutan sehingga tersisa 205.463 guru.
Selanjutnya, perekrutan guru bantu rutin dilakukan. Pada akhir 2008, sisa guru bantu yang belum diangkat 20.684 orang. ’’Namun, setelah kami verifikasi di seluruh kabupaten/kota, jumlah yang tersisa hanya 13.908 orang. Kami punya data by name, by adress mereka,’’ jelas Dasuki. Dengan demikian, lanjut dia, perekrutan guru bantu sesuai PP 48 itu segera tuntas.
Menurut Dasuki, mereka yang akan diangkat sebagai CPNS adalah para guru yang digaji oleh APBN. Sesuai dengan PP 48, mereka juga harus memenuhi kriteria persyaratan usia dan masa kerja yang ditentukan. Yakni, guru bantu berusia maksimal 46 tahun dan memiliki masa kerja lebih dari 20 tahun secara terus-menerus, berusia 46 tahun dan memiliki masa kerja 10 hingga 20 tahun secara terus-menerus, berusia 40 tahun dan memiliki masa kerja 5–10 tahun secara terus–menerus, maupun berusia 35 tahun dengan masa kerja 1–5 tahun.
Dasuki menambahkan, mereka yang nanti diangkat sebagai CPNS wajib meningkatkan kompetensi mengajar. Sebab, mereka akan ditempatkan di sekolah-sekolah negeri. Mereka yang diangkat harus bersedia ditempatkan di mana saja. ”Sebab, saat ini kebutuhan guru dinilai belum merata,’’ jelasnya.
Di satu sisi, pemerintah berencana meredistribusi guru. Tujuannya memenuhi kebutuhan guru di kabupaten/kota yang kekurangan guru. Di sisi lain, pemerintah juga mengurangi jumlah guru di daerah yang over tenaga pendidik. ’’Pemetaannya sudah kami bikin, tinggal melaksanakan saja,’’ ujarnya. Dengan demikian, kebutuhan guru di Indonesia bisa ideal.(kit/agm/jpnn)


  1. aku aripani lahir tgl 15 pebruari 1975 aku dpt gelar guru bahasa indonesia. aku ingin CARI INFO sesuai dengan umur dan gelarku, ada ngga ya ?????????????

  2. Een

    kalau bisa semua pns diambil dari honorer karena test secara umum sama aja dengan membuka peluang bagi pejabat daerah untuk melakukan kurupsi.

  3. khairani

    saya juga merasa senang akhirnya semu guban diangkat, mereka udah mengabdi kepada negara sebagai tenaga honor hampir seperempat hidunya. terimakasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan nasib mereka.

  4. hendar

    Mohon bantuan dari pihak2 yang terkait bahkan KPK, karena di BKN telah terjadi transaksi senilai 2 jt per NIP apabila mereka ingin di dahulukan dalam pemrosesan pemberian NIP buat guru PTT. Modusnya mereka menjelaskan bahwa untuk dpt NIP perlu proses lama krn banyak yg sedang di proses tapi apabila mau cepat bisa tapi syaratnya memberi uang 2 juta, maka hari itu juga atas guru tsb akan diberikan NIP dan katanya sudah dijamin terangkat tinggal nunggu SK Pengangkatan di BKD.

  5. mr. teacher

    congratulation deh buat guru bantu. nah pemerintahku yang dholim gimana nih nasib guru honor yang lain, kayak saya nih ngajar di sekolah negeri tapi kok cuma dapat Rp 250.000/bulan?

  6. Di daerah saya masih banyak guru yang belum diangkat jadi PNS.

  7. semoga sesuai dengan rencana, karena kami guru bantu di DKI belum ada satupun yang diangkat menjadi PNS

  8. DESVIRA SYOFYANI

    kalau ada informasi tentang penerimaan CPNS tolong kasih tahu saya ke mail tersebut

  9. Agus widodo,Spd

    Itu baru sebatas janji sebagai buktinya di DKI Jakarta belum ada satupun Guru Bantu yang diangkat jadi PNS, oleh sebab itu kepada :
    a. Mendiknas
    b. Menpan
    c. Presiden
    d. Menkue
    Tolong segera direalisasikan sesuai dengan janji-janji yang pernah disampaikan di media cetak dan elektroni. Janji adalah hutang yang harus dibayar di Dunia dan akhirat, bagi yang memenuhi janji pahalanya surga yang ingkhar pahalanya neraka. saya tunggu realisasinya

  10. kenapa yang akan diangkat PNS guru bantu yang digaji oleh APBN saja sedangkan kami tenaga honorer yang belum memiliki tunjangn fungsional tetapi sudah memiliki NUPTK (Nomor Unik Tenaga Pendidik dan Kependidikan)harus menunggu sampai kapan untuk diangkat menjadi PNS??

  11. mumtaz

    bisa minta tolong di emailkan daftar nama guru bantu yang akan diangkat menjadi cpns untuk kota surabaya, jawa timur.
    alamat email saya : kiranamumtaza@gmail.com
    terima kasih.

  12. Hi, outgoing posts there🙂 through’s for the intriguing dirt

  13. Ganti saja GB (Guru Bantu) menjadi GP (Guru Politisir) karena janji-janji Guru Bantu manis ketika menjelang PEMILIHAN wakil rakyat, setelah itu….sudah lupa tuh…

  14. Great post! Just wanted to let you know you have a new subscriber- me!

  15. tolong donk hadirkan daftar nama-nama calon CPNS,,

  16. minan zammy

    Saya berterimakasih kalau pemerintah terus berupaya untuk mau mengangkat guru bantu menjadi PNS,tapi mohon ada upaya yang lebih jelas terutama kepada pemda yang masih terdapat perbedaan kebijakan, antara pemerintah pusat dan daerah harus beritikad baik untuk mengangkat segera guru bantu menjadi PNS, terutama DKI Jakarta.

  17. Aan

    Honorer diangkat jadi pns nggak ada uang masuk buat pejabat makanya mereka lupakan dan membuka test umum yang banyak menghasikan uang bagi mereka. Pak presiden,Mendiknas,Menpan dan kepala Daerah, saya tak tertarik jadi pns walaupun gratis tapi saya merasa kasihan dengan para honorer yang selalu dibohongi dan diZalimi oleh kalian yang sedang berkuasa.

  18. eko.priyatno99

    pak,kalau pengangkatan guru bantu dan honorer yang masa kerjanya 2 tahun tapi sudah memiliki sertifikat akta 4 kapan?
    trims




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: